Ketombe

Rambut Kering Bikin Kulit Kepala Ketombean? Jangan Panik, yuk Simak Solusinya!

Source 

Memiliki rambut kering adalah salah satu nightmare buat perempuan. Pasalnya, rambut kering dapat menjadi penyebab permasalahan rambut dan kulit kepala yang lebih kompleks.

Rambut kering adalah kondisi di mana ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak atau sebum yang cukup untuk melembapkan rambut. Akibatnya, helaian rambut menjadi kering dan terasa kasar.

Rambut kering seringkali dikaitkan dengan kemunculan ketombe. Benarkah demikian? Temukan jawabannya di artikel ini!

Rambut Kering Menyebabkan Kulit Kepala Gatal

Source 

Rambut kering bisa berawal dari kesalahan perawatan, sehingga menyebabkan nutrisi pada rambut gak terserap secara merata. Kondisi kering pada rambut yang dibiarkan secara terus menerus akan merusak struktur rambut secara keseluruhan, mulai ujung, batang, hingga kulit kepala.

Salah satu tanda kalau rambut kamu kering adalah munculnya gatal-gatal di kulit kepala. Saat kelembapan alami pada rambut dan kulit kepala hilang, lapisan pelindungnya juga ikut menghilang.

Seiring berjalannya waktu, kotoran dan jamur jadi masuk ke lapisan kulit kepala dan bikin peradangan kecil sehingga munculah gatal-gatal. Gatal pada kulit kepala seringkali disertai dengan pengelupasan sel kulit mati berbentuk serpihan warna putih, atau yang sering disebut dengan flakes. 

Flakes yang berukuran sangat kecil biasanya disebabkan oleh cuaca yang kering dan juga efek pemakaian alat styling rambut. Sementara, flakes yang cukup besar disertai dengan lubang berukuran rambut di dalamnya biasanya disebabkan oleh paparan matahari. 

Selain gatal, kulit kepala yang kering juga menyebabkan ketombe dan penipisan rambut. Kulit mati yang telah mengelupas dan sering berjatuhan di baju, jika tidak ditangani dengan tepat, lambat laun akan membuat ketombe semakin parah.

Solusi Rambut Kering dan Berketombe

Source 

Tenang aja! Gak ada masalah yang gak ada solusinya. Masalah rambut dan kulit kepala kering bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Kamu bisa mulai ubah kebiasaan sehari-hari agar kelembapan kulit kepala lebih terjaga. Nah, buat kamu yang masih bingung cari cara mengatasi rambut dan kulit kepala kering, simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

1. Buat Jadwal Cuci Rambut secara Rutin

Keramas adalah cara yang paling dasar untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Dengan keramas, kamu bisa menutrisi rambut dan kulit kepala melalui kandungan shampoo favorit kamu.

Tapi, perlu diketahui bahwa kebutuhan keramas setiap rambut pastinya berbeda-beda. Buat pemilik rambut kering, sebenarnya tidak disarankan untuk keramas setiap hari karena akan membuat rambut dan kulit kepala semakin kering.

Sebaliknya, rambut kering juga bukan berarti bisa keramas dengan jarak yang lama karena justru akan berisiko munculnya jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Disarankan untuk keramas dengan frekuensi dua hari sekali agar kebersihan sekaligus kelembapan rambut tetap terjaga.

2. Lakukan Treatment dengan Pijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala saat keramas adalah salah satu cara efektif, dan tentunya gratis, yang bisa kamu lakukan untuk stimulasi produksi minyak alami dan melancarkan peredaran darah. Kamu bisa memijatnya saat menggunakan shampoo atau dengan minyak alami.

Untuk menggunakan minyak alami, kamu bisa melakukannya sebagai pre-wash atau bahkan mencoba hot oil treatment! Pilih minyak alami yang ringan, seperti jojoba oil atau minyak zaitun.

3. Jangan Lupa Hidrasi dari Dalam

Kesehatan rambut dan kulit kepala kamu bersumber dari apa yang kamu konsumsi. Untuk mengatasi rambut kering dan masalah pada kulit kepala, cobalah konsumsi zinc, omega 3, dan vitamin A. Kamu bisa dapatkan nutrisi tersebut dari makanan seperti telur, ikan, daging, kacang-kacangan, dan sayur berdaun hijau.

Yang gak kalah penting, jangan lupa perhatikan kecukupan hidrasi tubuh kamu. Pastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh telah terpenuhi. Untuk melakukannya, pastikan kamu minum setidaknya delapan gelas air per hari.

4. Ganti ke Shampoo yang Tepat

Nutrisi untuk rambut dan kulit kepala bisa kamu dapatkan dari shampoo yang tepat. Sebaiknya gunakan produk shampoo yang dirancang dengan menghadirkan manfaat bahan-bahan alami, khususnya yang fokus pada kesehatan kulit kepala. 

Shampoo dengan kandungan bahan aktif ZPT telah teruji klinis ampuh menghilangkan ketombe di kulit kepala. 

Nah, Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment adalah jawaban yang tepat untuk permasalahan ketombe kamu!

Mengapa Harus Pakai Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment?

Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment adalah serum shampoo pertama di Indonesia yang mengandung DGA serum.

Apa itu DGA serum? DGA serum adalah bahan aktif yang diciptakan dengan teknologi Jepang yang mampu memperbaiki serta menutrisi rambut dari dalam hingga luar secara efektif. DGA serum mampu menutrisi rambut mulai dari ujung hingga batang rambut, 5x lebih cepat dibandingkan shampoo biasa. 

DGA serum dalam Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment dikombinasikan dengan bahan aktif ZPT untuk mengurangi ketombe secara efektif sejak pemakaian pertama.

Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment  punya wangi sweet elegant-nya juga bikin rambut tetap wangi sampai 48 jam. Oiya, kamu bisa gunakan  setiap hari atau setidaknya dua hari sekali agar ketombe lekas membaik.

Yuk, beralih menggunakan Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment untuk rambut dan kulit kepala yang lebih sehat. Dapatkan Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment di e-commerce kesayangan kamu!

4 Cara Jitu Menjaga Penampilan Tetap Kece Saat Work From Home
Kita sedang melawan wabah Corona yang kian hari kian menyebar. Akibatnya, pasti banyak dari kamu yang harus bekerja dari rumah atau istilah populernya...
3 Cara Unik Menata Rambut Tanpa Alat Styling
Beberapa diantara kamu pasti sering menata rambut dengan alat styling, seperti catokan dan hair-dryer. Kamu bisa saja menggunakan itu setiap hari sebe...