Rambut Rontok

Siapa yang Gak Khawatir Kalo Rambutnya Gampang Rontok? Simak Cara Mengatasinya, yuk!

Masalah rambut rontok selalu menjadi nightmare buat perempuan. Gimana enggak, melihat jejak rambut di sisir atau di lantai setiap hari rasanya pasti khawatir banget. Belum lagi, risiko rambut tipis atau kebotakan sudah pasti selalu menghantui pemilik rambut rontok.

Apakah kamu salah satu pemilik rambut rontok? Jika iya, kamu perlu tahu kalau sebenarnya rambut rontok termasuk kondisi yang wajar terjadi. Dalam sehari, normalnya akan ada sekitar 50–100 helai rambut yang jatuh. Tapi, kamu perlu waspada jika jumlah rambut yang rontok lebih dari itu dan berlangsung secara terus-menerus.

Pada dasarnya, masalah rambut rontok disebabkan oleh berbagai faktor. Nah, penting nih banget buat cari tahu penyebab kerontokan rambut, jadi kamu bisa mengatasi secepatnya dengan cara yang tepat.

 

Mengenal Penyebab Rambut Rontok

Source 

Rambut rontok tidak datang begitu saja. Kerontokan rambut disebabkan karena kondisi akar dan batang rambut gak sehat. Akar yang gak sehat membuat rambut mudah lepas dari kulit kepala. Sementara, batang rambut jadi lebih gampang patah karena rapuh.

Jadi, bisa dibilang ada dua jenis kerontokan rambut yang perlu kamu ketahui. Pertama, adalah rambut rontok dari akar dan yang kedua adalah rambut rontok karena patah. 

Ciri rambut rontok dari akar bisa terlihat dari bentuknya yang seperti tercabut. Lalu, panjang helaiannya juga relatif sama. Kerontokan jenis ini disebabkan karena akar rambut yang lemah sebagai akibat dari kurangnya nutrisi, ada masalah pada kulit kepala, atau memiliki riwayat penyakit tertentu.

Berbeda lagi jika kamu mengalami rambut rontok karena patah dari tengah. Biasanya ukurannya relatif lebih pendek dibandingkan dengan panjang rambutmu. Rambut patah terjadi akibat styling berlebihan atau perawatan yang salah.

Nah, kira-kira sudah terbayang belum kamu termasuk kategori yang mana? Agar terhindar dari rambut rontok yang semakin parah, mulai rawat dan lindungi rambut kamu dengan beberapa tips di bawah ini!

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Source

Tenang aja, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok dari akar maupun karena patah.

 

1. Berikan Kesempatan Rambut untuk Istirahat

Menguncir rambut seringkali dijadikan pilihan untuk mendapatkan tampilan rapi dan tertata secara cepat. Mulai sekarang, coba untuk melonggarkan ikatan rambut kamu agar gak terlalu ketat.

Rambut juga butuh bernafas lho biar nggak stress.  Dengan mengikat rambut terlalu kencang, atau menutup rambut selama seharian dengan hijab atau topo menyebabkan batang rambut rapuh dan rontok karena patah.

Pas lagi di rumah atau saat gak pakai hijab, sebaiknya buka ikatan rambut agar rambut bisa beristirahat sejenak. 

 

2. Pijat Kulit Kepala saat Keramas

Mengatasi rontok bisa dimulai dengan melakukan pijatan pada kulit kepala setiap kali keramas. Meskipun terkesan sepele, tapi manfaatnya gak main-main lho!

Pijatan itu bertujuan untuk melancarkan aliran darah, sehingga kulit kepala mendapatkan oksigen serta nutrisi penting yang dibutuhkan oleh folikel rambut. Caranya gampang banget kok!

Setelah mengaplikasikan shampoo pada seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala, gunakan ujung jari kedua tangan, lalu pijat lembut. Lakukan pijatan selama tiga hingga lima menit dengan gerakan memutar setelah keramas.

 

3. Keringkan Rambut dengan Cara yang Lembut

Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk. Hindari menggosok rambut, karena hal ini bisa mendorong rambut semakin rapuh.

Buat pemilik rambut rontok sebaiknya mengurangi atau bahkan stop sementara pemakaian alat styling, seperti hairdryer atau catok rambut pasca keramas. Kalau urgent banget, kamu bisa menggunakan bantuan hairdryer. Namun, pastikan kamu menyetelnya dengan suhu dingin.

 

4. Konsumsi Makanan yang Menutrisi Rambut

Mengatasi rambut rontok juga wajib dilakukan dari dalam. Artinya, kamu perlu memerhatikan asupan makanan karena faktanya makanan yang kita konsumsi berpengaruh banget sama kesehatan rambut. 

Agar rambut semakin kuat, baik dari akar maupun secara keseluruhan, kamu disarankan mengonsumsi makanan yang  kaya akan vitamin B3, protein, dan antioksidan. Sayur bayam, salmon, yogurt, telur, alpukat, dan almond adalah beberapa contoh makanan yang mampu menutrisi rambut dari dalam. 

 

5. Pakai Shampoo dengan Kandungan Khusus Rambut Rontok

Shampoo memegang peran penting dalam mengatasi dan merawat rambut rontok. Pilih shampoo yang mampu menguatkan akar dan juga batang rambut.

Serasoft ada buat kamu! Saatnya kuatkan rambut dengan Serasoft Serum Shampoo Hair Fall Treatment yang mengandung DGA Serum dan bahan alami Sophora Roots. 

Serasoft Serum Shampoo Hair Fall Treatment adalah serum pertama di Indonesia yang mengandung DGA Serum berteknologi Jepang. Kandungan DGA serum mampu menutrisi rambut 5x lebih cepat dibandingkan shampoo biasa. 

Kandungan Sophora Roots memberikan kekuatan dari batang hingga ujung rambut yang membuat rontok berkurang dan sehat sejak pemakaian pertama. Saatnya ucapkan selamat tinggal dengan kerontokan dengan beralih pakai Serasoft Serum Shampoo Hair Fall Treatment!

Kamu bisa dapatkan Serasoft Serum Shampoo Hair Fall Treatment dengan harga yang terjangkau di minimarket atau e-commerce favorit kamu!

4 Cara Jitu Menjaga Penampilan Tetap Kece Saat Work From Home
Kita sedang melawan wabah Corona yang kian hari kian menyebar. Akibatnya, pasti banyak dari kamu yang harus bekerja dari rumah atau istilah populernya...
3 Cara Unik Menata Rambut Tanpa Alat Styling
Beberapa diantara kamu pasti sering menata rambut dengan alat styling, seperti catokan dan hair-dryer. Kamu bisa saja menggunakan itu setiap hari sebe...