Tips

Tips Merawat Kulit Kepala dari Ketombe dan Kulit Kering

Pernah nggak sih kamu merasakan gatal terus-menerus di kulit kepala? Bisa jadi itu adalah tanda kulit kepala kamu sedang kekurangan nutrisi.

Kekurangan nutrisi di kulit kepala menyebabkan masalah yang cukup mengganggu kenyamanan, yaitu ketombe dan kulit kepala kering. 

Meski beda, kulit kepala kering memang sekilas terlihat seperti ketombe. Nggak jarang juga kulit kepala kering menjadi penyebab awal timbulnya ketombe.

Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Kulit kering nggak cuma terjadi di wajah aja lho. Kulit kepala juga bisa kering sehingga menyebabkan munculnya rasa gatal, iritasi, dan pengelupasan. 

Serpihan kulit kepala yang terkelupas akibat kulit kepala kering memang terlihat berbeda jika dibandingkan dengan ketombe. Ciri-ciri kulit kepala kering adalah adanya serpihan putih dengan ukuran kecil dan terlihat jelas di bagian dekat anak rambut.

Sementata itu, serpihan ketombe terlihat lebih besar, kekuningan dan berminyak. Ciri khas lainnya dari ketombe yang juga bisa dilihat dari kulit kepala adalah kulit kepala terasa lebih berminyak dan bagian yang mengelupas tidak terlihat kering.

Meskipun ketombe dan kulit kepala kering adalah dua kondisi yang berbeda, namun mereka dapat terjadi bersamaan. Ini disebabkan karena kulit kepala yang kering dapat menjadi lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur Malassezia yang menyebabkan ketombe.

Nggak semua ketombe muncul rasa gatal, biasanya hanya terjadi pada ketombe yang disebabkan oleh jamur. Tapi, kulit kepala yang kering sudah pasti terasa gatal. Rasa gatal ini muncul dari kondisi kulit yang kering dan kurang nutrisi.

Terus-menerus menggaruk kulit kepala hanya akan membuat iritasi dan memunculkan masalah lainnya yang semakin parah. So, satu-satunya cara adalah dengan merawat kulit kepala agar lebih bersih dan sehat.

Tips Merawat Kulit Kepala Tetap Sehat

Masalah kulit kering dan ketombe nggak akan datang di kulit kepala yang bersih dan sehat. Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelembapan kulit kepala adalah dengan konsumsi air putih secara cukup setiap harinya. 

You’re what you eat. Konsumsi makanan sehat juga dianggap efektif dalam menghidrasi sekaligus menutrisi kulit kepala. Perbanyak konsumsi protein laut, termasuk ikan salmon, tiram, tuna, serta ikan-ikan yang kaya akan peptida dan omega-3 untuk menutrisi kulit kepala.

Kebiasaan baik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat kesehatan kulit kepala adalah dengan mengurangi penggunaan hairdryer yang berlebihan. Sesekali menggunakan hairdryer memang nggak jadi masalah kok.

Secara umum suhu panas dari hair dryer akan mengurangi kelembapan kulit kepala. Bisa dibayangkan dong kalau setiap hari kulit kepala kamu terpapar panas hairdryer. Sedikit tips jika kamu harus menggunakan hair dryer, cobalah untuk set hair dryer menggunakan mode cool.

Nah, tips terakhir untuk merawat kulit kepala dari ketombe dan kulit kering adalah dengan cara beralih menggunakan sampo anti ketombe terbaik. 

Mengingat masalah kulit kepala kering dan ketombe cukup sulit dibedakan, kamu bisa menggunakan shampoo yang memang fokus pada kesehatan kulit kepala.

Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment adalah serum shampoo pertama di Indonesia dengan kandungan DGA serum dan juga bahan aktif ZPT yang efektif basmi ketombe dan kulit kepala kering.

Yuk, bedah sedikit dari manfaat kandungan Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment!

DGA serum adalah bahan aktif yang diciptakan dengan teknologi Jepang untuk menutrisi akar rambut 5x lebih kuat dibandingkan sampo biasa.

Sementara itu, ZPT atau Zinc Pirito dikenal sebagai bahan aktif yang memiliki sifat anti jamur. Selama ini, sampo dengan kandungan ZPT efektif banget dalam mengurangi rasa gatal di kulit kepala, membersihkan ketombe, kotoran dan minyak berlebih. 

Jangan tunggu masalah yang lebih parah, Girls. Segera beralih menggunakan Serasoft Serum Shampoo Dandruff Treatment untuk kulit kepala yang lebih bersih dan sehat! 

Bye-bye kulit kepala kering dan ketombe!

4 Cara Jitu Menjaga Penampilan Tetap Kece Saat Work From Home
Kita sedang melawan wabah Corona yang kian hari kian menyebar. Akibatnya, pasti banyak dari kamu yang harus bekerja dari rumah atau istilah populernya...
3 Cara Unik Menata Rambut Tanpa Alat Styling
Beberapa diantara kamu pasti sering menata rambut dengan alat styling, seperti catokan dan hair-dryer. Kamu bisa saja menggunakan itu setiap hari sebe...